Ulangan Harian Mapel PAI Kelas 8 Semester 1 Tahun 2023 2024


Sebelum mengerjakan soal Mari Bertafakur terlebih dahulu dengan membaca kalimat berikut ini :

Siswa yang budiman, jika suatu saat kalian punya kesempatan melakukan perjalanan ke daerah Ramanda kota Depok Jawa Barat, kalian akan menemukan fenomena yang unik. Di beberapa perempatan lampu merah di kota itu, kalian bisa menemukan sosok mirip anak punk, dengan wajah dan badan yang penuh tato, berkeliaran menjajakan minuman. Tapi jangan takut dulu, karena mereka jago ngaji ! Bahkan di antara mereka ada yang hafal beberapa surat al-Qur’an.
Mereka adalah anak-anak punk binaan komunitas pemuda di kota Depok yang bernama Laskar Berani Hijrah (LBH). Pada awalnya mereka hanya mengamen di perempatan jalan. Komunitas LBH kemudian memberikan mereka modal. Selain diberi modal, mereka juga diajak belajar mengaji dan menghafal al-Qur’an. Setiap hari digelar pengajian rutin untuk anak-anak jalanan ini. Intinya komunitas LBH mengajak anak-anak jalanan untuk kembali ke jalan yang benar agar bisa diterima masyarakat. 

Setelah dibina selama beberapa waktu, para pengamen punk itu secara bertahap berubah. Mereka tidak lagi mengamen di perempatan jalan tetapi berjualan minuman dalam kemasan. Tampilan mereka pun mulai berubah. Mereka mulai berpenampilan bersih dan rapi. Mereka juga berinteraksi dengan lebih sopan. Mereka pun mulai menghapus tato yang memenuhi wajah dan tubuhnya.

Momentum berkenalan dengan al-Qur’an ternyata membuat mereka berubah menuju jalan dan masa depan yang lebih baik.
Sumber: Dikutip dari https://food.detik.com/info-kuliner/d-4800247/jualan-minuman-di-depok-anak-punk-bertato-ini-jago-mengaji

Berikut Soal Ulangan Harian Mapel PAI Kelas 8 Semester 1 Tahun 2023 2024 kerjakan dengan sungguh-sungguh :
Selamat mengerjakan !

Post a Comment

0 Comments